Jumat, 09 Desember 2016

TEKNOLOGI INFORMASI PENDIDIKAN




Dengan berkembangnya teknologi informasi didunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang signifikan. Ada perubahan-perubahan cara belajar mengajar yang berkembang. Sekarang ini, jarak dan waktu bukanlah penghalang sebagai masalah yang berarti untuk mentransfer informasi ilmu pengetahuan. Secara khusus untuk pendidikan dan pelatihan akan dirasakan adanya kecenderungan :
a.    Bergesernya pendidikan dan pelatihan dari sistem berorientasi pada guru/dosen/lembaga ke sistem yang berorientasi pada siswa/mahasiswa/peserta didik.
b.    Tumbuh dan makin memasyarakatnya pendidikan terbuka atau jarak jauh
c.    Semakin  banyaknya pilihan sumber belajar yang tersedia.
d.    Diperlukannya standar kualitas global dalam rangka persaingan global.
e.    Semakin diperlukannya pendidikan sepanjang hayat (life long learning).
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka  pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan.
Adapun inovasi yang berkembang di dunia pendidikan, contohnya : e-learning, e-book, dan sebagainya. Berikut pengertian dari inovasi-inovasi tersebut :
1.    E-learning
Istilah e-learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. E-learning digunakan sebagai digunakan untuk mendukung usaha-usaha pengajaran lewat teknologi elektronik internet. Oleh karena itu, istilah e-learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah/universitas ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet. E-learning memiliki beberapa manfaat diantara nya sebagai berikut :
a.      Meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau dosen maupun antar peserta didik.
b.       Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility).
c.       Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (potential to reach a global audience).
d.      Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities).
2.    E-book
E-book adalah singkatan dari electronik book atau buku elektronik. Ebook adalah sebuah buku panduan dalam versi digital, di mana buku tersebut dapat dibuka melalui perangkat elektronik. Contoh alat elektronik: komputer, gadget, hanphone dll. E-book berfungsi seperti buku-buku lainnya, di mana fungsi utamanya adalah sebagai media pembelajaran (untuk mencari ilmu dari ebook atau berbagi ilmu ke e-book) dan e-book tersebut bahkan ada yang dibagikan secara gratis dengan berbagai jenis e-book. Kelebihan e-book dibanding buku biasa :
a.      Untuk mendapatkannya sangat mudah
b.      Tidak mengeluarkan banyak biaya
c.       Mudah disimpan dan dibawa kemana-mana
d.       Tidak perlu perawatan
Perkembangan teknologi saat ini juga memiliki beberapa dampak npositif dan dampak negatif bagi pendidikan. Dampak postif nya, yaitu :
a.  Informasi yang dibutuhkan semakin cepat dan mudah diakses.
b.  Inovasi dalam pendidikan semakin berkembang
c.  Kemajuan teknologi dan informasi juga memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan peserta didik berada dalam satu ruanga.
Selain memunyai dampak positif, Teknologi Informasi juga memiliki dampak negatif di antaranya:
a.      Mempermudah terjadinya penggaran terhadap HAKI, larena semakin mudahnya orang dalam mengakses data, sehingga membuat orang melakukan kecurangan dan plagiatis.
b.      Mengakibatkan orang untuk berfikir pendek dan bertahan konsentrasi dalam waktu yang singkat, karena tergantung pada alat yang digunakan.





0 komentar:

Posting Komentar